MEMPERBAIKI LAMPU INDIKATOR TRANSMISI GEAR YG MATI MOTOR JUPITER Z1

Lampu Indikator Gear saat posisi Normal

Hai Para Riders,
Saya kembali lagi dan kali ini ingin memberikan seputar tips seputar mengatasi matinya lampu indikator transmisi gear.
Saat asyik diajak keliling didaerah kedamaian,Tanjung Karang, eh tiba-tiba lampu indikator gear dimotor Jupiter Z1 saya mati, wah kok motor baru itungan beberapa bulan yg lalu bisa seperti ini. awalnya saya mengira ini terjadi akibat lampu indikator gear yg ada pada speedometer saya yg mati/putus, namun saya injak naik/turun pedal gigi motor kok semua lampu mati, kayanya ada yg tidak beres dg sensor gigi yg ada dimesin.
Keesokan harinya saya bawa tuh motor Jupiter Z1 saya ke bengkel Yamaha terdekat, sekalian saya komplain masalah yg saya alami ke mekanik Yamaha. Menurut mekanik Yamaha, dirinya akan periksa dahulu penyebabnya dan akan memberikan kabar setelah selesai service.

Lampu Indikator Gear yang Mati, Bukan Putus tapi bermasalah pada Sensor lampu Gear

Setelah service selesai menurut mekanik yamaha itu terjadi karena posisi sensor yg harusnya menyentuh konektor pin sensor gear namun tidak menyentuh karena posisi jarum indikator gear yg masuk kedalam (saya ceritakan kedalam bahasa yg dapat saya mengerti, karena saya lupa istilah sparepart motor yg diceritakan mekanik yamaha tersebut ke saya.).
Ok saya sudah dapat penjelasanya dan motor pun kembali sehat kembali.
Keesokan harinya ketika saya pakai buat bekerja, lalu lampu indikator gear motor Jupiter Z1 saya mati lagi, (sebenarnya dg matinya lampu indikator gear, motor masih dapat dibawa jalan, namun buat saya hal itu sangat mengganggu kenyamanan saya dalam perjalanan). Karena terjadi lagi seperti itu akhirnya saya cari cara perbaiki sendiri yg bisa awet dan semoga gak mati2 lagi.
Selepas dirumah saya langsung browsing, mencari cara memperbaiki lampu indikator gear yang mati mendadak (kaya kena serangan jantung aja, hahaha). akhirnya saya dapat tips gimana cara perbaiki lampu indikator gear yg mati, berikut tips nya.
Pertama letakan motor pada posisi yg aman agar nyaman waktu membongkarnya, hehe (usahakan bongkar pada siang hari agar kelihatan lebih jelas.
Siapkan kunci-kunci peralatan motor yang diperlukan, seperti
1. Kunci baut ukuran 10 dengan bentuk T
2. Obeng plus dan minus
3. Per kecil degan panjang 1,1cm (per ini bisa diambil dari ballpoint yg menggunakan per lalu dipotong dg panjang 1,1 cm)
Per Ballpoint dengan panjang 1,1cm
4. Jangan lupa, siapkan dahulu secangkir kopi panas biar semangat waktu pengerjaanya, hehehe 

Cara pasangnya yaitu
1. Bongkar baut motor yg menempel pada penutup gear depan dekat pedal gear (gigi)
Buka Baut pd lingkaran diatas dg kunci T 10

2. Buka baut yang menempel pada sensor indikator gear, lalu  congkel dengan obeng minus hingga sensor gear terlepas dari mesin
 Buka Baut yang dilingkari warna merah

3. Letakan per yang sudah disiapkan tadi tepat pada poros besi penunjuk sensor gear (ingat panjang per cukup 1,1cm saja), ketika dibongkar terlihat perbedaan menonjol pada penunjuk sensor tersebut dg warna silver chrome mengkilap, lalu tutup kembali sensor gear tersebut dengan baut hingga rapat dan kencang.
 Sensor Penunjuk Transmisi Gear

4. Pasang kembali baut cover gear depan dan nyalakan motor, Jika pemasangan sudah benar dan tepat maka lampu Penunjuk posisi Gear akan menyala. Periksa kembali apakah semua lampu indikator gear sudah menyala.

 Lampu netral sudah menyala kembali

Nah begitulah cara saya memperbaiki lampu indikator yang tidak menyala. Saya sudah aplikasikan cara saya ini dan sudah berjalan selama 2 bulan lebih, motor saya tidak mengalami kerusakan lagi pada indikator lampu gear nya.

Comments

  1. Kalau Hanya Lampu Netral Yang Mati itu gmana?

    ReplyDelete
  2. Per dari sensornya enggak bisa keluar

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Bersihin Karburator New Jupiter Mx

Cara Merancang New Jupiter MX Agar Kencang dan Irit